Daftar Blog Saya

Kamis, 10 November 2011

Kelemahan Guru Dalam Memegang Prinsip (1)


Kank program sertifikasi guru bukankah untuk meningkatkan mutu pendidikan namun kenyataannya sejak guru menerima tunjangan hingga saat ini tidak ada perubahan yang signifikan terhadap mutu pendidikan semestinya . Apa penyebabnya… ?

Kompetensi guru sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini adalah kompetensi pedagogik,kompetensi kepribadian kompetensi professional dan kompetensi social, menurut PP no 19 2005. Tentang Standar Nasional Pendidikan. Terlepas dari segala macam perundangan pada prinsipnya guru memang harus sanggup memegang prinsip pelayanan pendidikan. sesuai kompetensi nya tadi.Itu semua merupakan rangkaian yang harus dilewati secara konsisten,akurat dan berkesinambungan.

Namun kelemahan guru juga dimiliki hampir semua manusia yang membuat efektifitas pembelajaran menjadi tidak berarti yaitu :

Pertama :Energi Negatif

Energi ini dihasilkan oleh suasana hati guru yang belum bisa berdamai dengan diri sendiri lantaran berbagai persoalan.Sehingga tidak memancarkan aura yang menyenangkan bagi siswa. Energi ini tidak akan memberikan daya pikat kepada siswa saat berinteraksi dalam kelas.Energi negative itu akan memberikan pengaruh negative pula bagi diri sendiri dan orang lain,sehingga antusiasme siswa juga sirna. Perilaku yang muncul ketidak mampuan bertingkah laku sesuai budaya setempat dan nilai nilai sikap yang diharapkan seperti tidak dapat hadir tepat waktu dan taat pada aturan kedisiplinan yang di sepakati.

Kedua : Enggan Belajar Berkelanjutan

Seorang guru akan menempatkan dirinya sebagai pembelajar seumur hidup.Namun pada kenyataannya banyak keluhan ,guru tidak meningkatkan pengetahuannya baik melanjutkan pendidikan formal atau program pengembangan diri. Malas membaca,ikut seminar hanya berburu sertifikat dan uang saku adalah bukti guru malas meningkatkan mutu pribadinya.Akibatnya sangat banyak guru yang kesulitan mengembangkan metode/pendekatan yang inovatif ,pengembangan/pengayaan materi .alat peraga serta media pembelajaran .

Bersambung…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar