Daftar Blog Saya

Senin, 05 Maret 2012

Cara Menata Kerisauan Hati Sebelum Guru Mengajar,How To Manage Your Emotion .?


“Ya Tuhan Kami ,Kami telah menganiaya diri kami sendiri ,jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada Kami ,niscaya pastilah kami termasuk orang orang yang merugi. QS al A’raf :23.\




Suasana hati anda saat mengajar sangat mempengaruhi persepsi siswa terhadap anda sebagai guru demikian juga atas gairah belajarnya. Artinya jika anda “galau ‘ siswa dapat menangkap kesan itu dari penampilan ,suara dan perilaku anda disaat mengajar dan mepengaruhi siswa dalam belajarnya   .Karena itu bukan hanya materi pelajaran saja yang perlu disiapkan tetapi juga suasana hati  anda. Berikut langkah sederhana yang bisa anda lakukan.

1.       Watch out for your own fellings

Miliki keberanian untuk tidak hanyut dalam perasaan yang melanda anda..sadari bahwa siswa yang anda hadapi tidak berkaitan langsung dengan suasana hati yang membuat anda risau.Siswa tidak berhak menjadi sasaran perasaan tidak nyaman. Belajarlah professional dari para artis yang tetap tampil memukau walau dilanda segudang persoalan.

2.       You cannot control the people

Penyebab kerisauan hati lantaran anda berharap semua orang dan keadaan dapat anda kendalikan setidaknya tidak menimbulkan konflik bagi anda. Padahal pemikiran yang sama hampir terjadi pada semua orang ,mereka ingin anda seperti apa yang ingin mereka mau. Jika anda memaksakan diri orang lain harus menurut kepada anda ,anda akan terus dilanda kekecewaan dan konfilk makin berkepanjangan termasuk konflik dengan diri sendiri. Berhentilah ingin mengharapkan perubahan dari orang lain mulailah dengan merubah paradigma pikiran anda.. !

3.       Let go and let student  learn

Apapun yang terjadi shows harus terus berjalan,apapun yang terjadi tugas mendidik siswa harus tetap dilaksanakan.Siswa membutuhkan kegiatan belajar bersama anada,siswa hari itu berangkat kesekolah membutuhkan tambahan ilmu baru yang harus dipelajarainya. Jangan samapai kerisauan hati anda membuat siswa kehilangan semangat dan kebahagiaan belajar bersamaanda. Sudahlah akhiri perasaan risau yang melanda anda segera temui siswa yang merindukan kehadiran anda…!

4.       Be Patient and Sympathetic Teacher

Seorang guru memang harus teruji kesabaran nya baik dalam menghadapi dan mengelola dirinya apalagi mengelola kelas serta siswanya. Kesabaran guru untuk taat aturan,tahan menghadapi kesulitan,kesabaran guru menghadapi perilaku orang lain serta kemampuan guru untuk tampil simpatik adalah merupakan bagian dari profesionalitasnya…Tetaplah besabar karena buah dari kesabaran adalah manisnya kehidupan selanjutnya tampilah simpatik saat mengajar niscaya siswa akan berbahagia belajar bersama anda.


5.       Student will figure out your important personal message


Penampilan anda yang tercermin dari kalimat ,suara dan sikap amat mempengaruhi konsentarasi belajar siswa.Dengan penampilan yang simpatik anda bisa membuat siswa merasa nyaman belajar bersama anda sehingga mereka bisa belajar lebih efektif. Selain itu dengan penampilan anda yang empatidan empati akan membuat situasi kelas menjadi hidup .Karena penampilan dengan hati yang risau akan merusak suasana hati siswa yang akan belajar bersama anda. Ingat penampilan anda cerminan suasana hati anda ..!


6.        Be Emphatetic Teacher

Tempatkan diri anda pada posisi siswa, ketika anda belajar atau mengikuti diklat yang instrukturnya menimbulkan suasana hati yang tidak nyaman ,anda sebagai peserta pasti  tidak nyaman demikian juga siswa. Dengan anda menjadi guru yang empati anda dapat men deliver ilmu pengetahuan dari mata pelajaran yang bisa diserap siswa dengan lebih baik.Seorang guru yang baik semestinya  memiliki empati sebagai bagian dari kompetensi kepribadiannya..

Bersambung ….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar