Daftar Blog Saya

Jumat, 29 Juli 2011

Lulus 100 % bukan Life Skill. Demi Citra Sekolah


Lulus 100 % bukan Life Skill. (Citra Sekolah )


“Saya ingin siswa siswa kita Nilai Ujiannya Tinggi semua ,apapun itu karena dapat membuat sekolah kita dikenal..!”


“Mulai semester awal kita drill latihan soal dan try out supaya lulus 100%..!”


“Siswa disekolah ini telah diterima di RSBI..!”


Bentuk bentuk paradigma dikalangan sebagian guru yang sibuk membangun citra sekolah melalui jor joran kelulusan 100 %. Padahal ..

Pada saat masuk pertama kuliah sudah terbayangkan bagaimana di wisuda dan mendapatkan gelar S1,Karena itu banyak mahasiswa belajar menggebu diawal kuliah.Pada semester selanjutnya mulia kedodoran semangatnya. Apalagi melihat fenomena penggangguran terdidik kian tahun ss bertambah.
Ada baiknya seorang mahasiswa sebelum lulus kuliah mulai menggali informasi perihal kriteria calon tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan.sekaligus menggali opini masyrakat dunia industri tentang perspsi lulusan perguruan tinggi.

Akan lebih baik lagi jika sejak menjadi mahasiswa sudah aktif dalam organisasi seperti BEM, UNIT kerohanian dsb.Mengingat berorganisasi melatih soft skill anggotanya secara real/praktik langsung.Dimulai merancang kegiatan sampai pelaksanaannya , mahasiswa belajar event manajemen.Bekerja sama antar sesama anggota organisasi dan organisasi lain melatih kecakapan interpersonal dan komunikasi.Sehingga saat setelah lulus mahasiswa sudah memiliki pengalaman belajar ber organisasi. Dengan demikian memiliki kepercayaan diri untuk bergaul secara luas dengan masyarakat. Bekal yang memadai buat rasa percaya diri pada saat menulis lamaran, wawancara maupun masa percobaan didunia kerja.

Magang , kerja paruh waktu dan berdagang sangat dianjuran kepada mahasiswa.Meskipun mahasiswa yang bersangkutan sudah berkecukupan.Karena dia bisa belajar bagaimana caranya bekerja , learn how to do sekaligus learning by doing ,belajar sambil bekerja.Dengan demikian mahasiswa belajar bertanggung jawab, disiplin, etos kerja dan semangat melayani. Bekal yang cukup memadai unuk kelak dikemudian hari.Setidaknya ketika membuat CV untuk melamar pekerjaan dapat dicantumkan sudah memiliki pengalaman, nilai plus tersendiri bagi fres graduate.

Kursus yang mengasah ketrampilan kerja ,sering menjadi pertimbangan departemen sumber daya manusia dalam proses rekrutment. Sebaiknya dalam kursus jangan hanya untuk mendapatkan sertifikat saja.Namun asahlah keberbakatan dan minat anda untuk memiliki keahlian khusus .Sehingga anda benar benar menguasai ketrampilan yang dibutuhkan dunia usaha.Dengan demikian pada saat test kompetensi pada saat melemar pekerjaan .Anda dapat mendemonstrasikan keahlian. Syukur –syukur jika anda dapat tampil mengagumkan si pewawancara. Anda pasti dipertimbangkan sebagai kandidat yang terpilih.

Kompetisi non akademik atau akademik sangat banyak membantu mahasiswa dalam membangun mental dan sportivitas . apalagi jika kompetisi itu sudah sampai pada tingkat nasional. Setdaknya anada akan dipertimbangkan untuk mem perkuat team yang sudah terbentuk di perusahaan tersebut.

Pandai pandailah menjadi mahasiswa yang mempunyai keunikan kompetensi sekaligus sebagai pembeda yang kuat untuk menjadi kandidat yang terpilih. Pokoknya jangan Cuma andalkan ijasah , karena hanya mendampah panjang antrian penggangguran !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar