Daftar Blog Saya

Senin, 01 Agustus 2011

Jam Belajar Harus lama..! (kalau belajar jangan lama lama..)



“Pantas kamu tidak bisa mengerjakan belajar cuma satu jam dirumah…!”.

“Kalau pingin bisa ,belajarnya harus lama…!”

“Kelas enam nanti ada tambahan tiga jam pelajaran,siap tidak siap kamu harus mau..?


Bisa dibayangkan jika siswa harus berlama lama belajar bersama guru yang tidak disukai,materi pelajaran yang dibenci dan cara penyampaian yang sulit dimengerti siswa. Apakah kegiatan belajar mengajar Efektif …?


Ketika siswa belajar di rumah dengan membawa kebencian dari gurunya,mengulang materi yang dibenci nya dan suasana belajar di rumah yang diomeli mama,’balajar kok cuma sebentar semestinya kan harus lama…!” Apakah anak akan berhasil belajarnya..?

Dalam konsep belajar ,jika belajar dipaksakan pada materi yang tidak disukai dan dikuasai maka proses belajar tidak terjadi.Jadi bukan persoalan lamanya belajar tapi suasana emosinya.

Ada banyak anak yang hanya belajar beberapa jam saja namun sangat cepat menguasai materi pelajaran lantaran mereka suka dan menguasainya .Ada anak yang awalnya tidak menguasai suatu materi pelajaran namun karena istiqomah dan tekun mencari tahu jawabannya tanpa harus memaksakan diri untuk belajar berlama lama.Pada akhirnya mereka menguasainya.

Waktu belajar yang terlalu lama namun tidak dikerjakan secara bersungguh sungguh serta hanya berhadapan suasana emosi yang tertekan.Anak akan bosan dan melarikan diri. Kuncinya bagaimana menciptakan pertemuan kelas tanpa membuat siswa bosan..?. Lamanya waktu bertemu anak semestinya dapat mendorong gairah belajar nya.


Temukan cara efektif agar anak cepat mengerti dan menjadikan belajar sebagai game yang menarik .Ada banyak cara cara yang guru dan orang tua kadang yang membuat anak malas belajar .

Kesanggupan guru untuk mengenali kebutuhan dan daya tangkap atas mata pelajaran yang diterima siswa.merupakan hal semestinya . Satu lagi ilmu kecakapan focus pada siswa ,Student Focus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar