Daftar Blog Saya

Senin, 01 Agustus 2011

Extravet,(Pribadi Siswa Insipirator Yang Terbuka ) VS Jangan Biarkan Siswa cerewet ! Kajian Psikologi Pendidikan


“Kamu itu perempuan harus rapi ,jangan terlalu cerewet ,apalagi mudah cerita kesana kemari,perempuan harus jaga diri..”teriak Guru IPS kepada siswanya.

“Sudahlah kamu jadi siswa taati saja aturannya, jangan buat aturan main sendiri,nggak bakalan bisa idemu itu..”.


Kedisiplinan di sekolah kadang di terjemahkan hanya dengan kakunya peraturan demi tegaknya disiplin itu sendiri. Namun jika disiplin masuk keranah pembelajaran yang terjadi adalah membonsai inovasi.kreatifitas optimistic,rasa ingin tahu siswa yang kadang terkesan cerewet.

Terlebih lagi jika guru “berdakwah ‘ tetang bagaimana dirinya dulu bersekolah ,saat belajar dikelas dan berbagai “aturan” belajar dalam kelas yang membelenggu siswa.

Padahal,ciri ciri siswa extravet adalah memiliki energy lebih,bersahabat ,periang sedikit penghayal,tidak konsisten dalam satu topic ,punya rasa ingin tahu namun sangat ingin membantu dalam penyelesaian persoalan.

Jika pendekatan klasikal, dimana guru hanya mengajar tanpa “mengijinkan” siswa untuk ‘mengganggu ‘ lantaran rasa ingin tahunya . Siswa bersangkutan bisa jenuh ,tidak tertarik dan kompetensinya tidak berkembang.


Siswa yang berkepribadian extravet calaon inspirator ini memiliki kebutuhan untuk dihargai kreativitasnya ,rasa ingin tahu dan kepribadiannya yang unik.Mereka tidak senang jika kesimpulan dan keputusan diambil terlalu cepat. Apalagi jika guru hanya bisa mengeluh tentang hal hal butuk atau pesimis.Bagi mereka yang paling penting adalah mereka butuh support untuk tumbuh,berubah dan memiliki pengalaman pengalaman baru.


Beberapa profesi yang bisa diraih pada masa depan mereka adalah marketer,counselor,consultant,reporter,jurnalis,actor,psikolog dsb.

Jadi jangan remehkan anak yang memiliki kepribadian extravert sang inspirator…!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar